Tips Merawat Kenari Bakalan

Tips untuk pemula yang baru belajar dan yang baru akan memulai beternak burung kenari.

Kenari bakalan adalah kenari muda yang berumur sebelum 6 bulan. Kenapa 6 bulan? karena usia ganti bulu pertama selesai pada usia sekitar 6 bulan. Kalau kenari jantan, biasa mulai belajar kicau dari usia 2 bulan, bahkan dari sebelumnya sudah ngriwik (kalo orang Jogja bilang). Pada usia-usia awal ini memang harus sangat diperhatikan untuk pakan dan perawatannya. Sebab pada awal usia, kenari muda bisa sangat riskan terkena beberapa penyakit.


Berikut ini kami sampaikan tips untuk pemula merawat burung kenari bakalan untuk sukses ternak kenari dan menjadi peternak kenari yang sukses dan barakah.

1. Pisahkan kenari bakalan jantan dengan betina. Kenari jantan harus di kandangkan sendiri-sendiri, namun kenari bakalan betina, bisa dimasukkan ke dalam kandang secara rombongan, satu kandang bisa berisi lebih dari 3, tergantung jenis kenari dan ukuran kandang. Pastinya kenyamanannya.

2. Kebersihan kandang sangat penting, ini faktor kedua setelah pemberian pakan yang dapat menentukan kesuksesan ternak kenari. Bersihkan kandang minimal sehari satu kali di pagi hari.

3. Berikan pakan biji-bijian yang bersih dan steril dari jamur. Berikan juga vitamin khusus untuk kesehatan dan stamina. Berikan juga telur puyuh.

4. Jemur di pagi hari, antara pukul 07 pagi sampai 08. Jangan terlalu lama.

5. Perhatikan ventilasi ruangan tempat kandang kenari diletakkan.

Ditulis Oleh : Adnan Ashari Hari: 05.30 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Info

eXTReMe Tracker

Arsip Blog

Fren