Selasa, 03 Januari 2012

Tips Memilih Bakalan Burung Kacer Poci


Burung Kacer, akhir-akhir ini menjadi primadona para penggemar kicauan. Berbagi cerita, di Jogja khususnya di arena Latber di PASTY (Pasar Burung dan Tanaman Hias Yogyakarta), kalo tidak salah lho, berada di Jalan Bantul, Dongkelan, setiap hari senin diadakan Latihan Bersama yang memperlombakan banyak jenis burung, salah satunya adalah Kacer Poci, atau Kacer dada putih. Berikut ini tips memilih bakalan kacer poci, kacer dada putih.
Ciri-ciri kacer dada putih yang baik, atau di Jogja sering dinamakan Kacer poci yang baik untuk lomba dan peliharaan. Kenapa kacer poci, bukan kacer jawa, dada hitam? karena menurut para pakar burung, jenis kacer poci lebih fighter dari pada kacer jawa.

Bulu kelihatan kering, bersih dan gilap. Artinya kalau kita menjumpai burung kacer dada putih tapi bulunya kurang bernada kering, biasanya kurang flghter. 

Mata melotot, seakan-akan mau keluar dari dalam kelopaknya. Mata yang melotot akan terkesan garang, juga awas dalam mengamati sekitarnya. Kalau kita menjumpai kacer dada putih yang matanya kurang melotot, sehingga terlihat lembut dan kalem, bisa diperkirakan si burung kurang tarung.

Paruh terlihat lurus, belahannya memanjang hingga ke belakang sampai mau ke bagian leher atau tenggorokan atau sampai di bawah mata. Jenis yang seperti ini biasanya memiliki volume yang dahsyat dan tembus. Jenis yang seperti ini bisa membuka paruh lebih lebar dari yang belahannya lebih pendek.

Postur badan kecil memanjang, tidak pendek.

Bagian ekor, kempal atau ngumpul, dan tidak mekar atau membuka.

Ditulis Oleh : Adnan Ashari Hari: 08.10 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Info

eXTReMe Tracker

Arsip Blog

Fren