Teknik Perawatan awal Doc Anakan Ayam Kampung


Ternak Ayam kampung menjadi salah satu primadona di pedesaan maupun di kota karena hasilnya yang sangat menjanjikan. Kita bisa mendapatkan bibit / anakan atau biasa disebut DOC Ayam Kampung (Super) di Peternakan-Peternakan yang ada di kota kita. Jumlahnya pun bisa kita perkirakan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita sebagai peternak.
Teknik perawatan anakan ayam kampung atau DOC ayam kampung menjadi awal dari keberhasilan langkah-langkah selanjutnya. Bila pada tahap pemeliharaan anakan berhasil, maka langkah selanjutnya akan lebih muda.

Berikut ini teknik cara perawatan anakan ayam kampung / doc, yang bisa kita terapkan dengan sangat mudah.

Pertama, induk buatan atau yang biasa kita sebut dengan box doc merupakan suatu teknik pemeliharaan awal doc ayam kampung yang bertujuan untuk meminimalkan terjadinya berbagai masalah di fase awal ini. Box dirancang khusus bertujuan untuk membuat ruang disekitarnya hangat, kering dan cukup sirkulasi layaknya induk ayam kampung yang sebenarnya, sehingga diharapkan doc ayam kampung tidak terpapar suhu dingin dan kelembapan yang berlebihan akibat lingkungan sekitar.

Kedua, suhu awal yang diperlukan berkisar antara 35-38 derajat celcius tergantung lingkungan masing-masing,serta yang paling penting untuk diperhatikan adalah respon doc ayam kampung setelah masuk dalam box tersebut. Jika suhu di dalam masih terlalu dingin maka doc akan mengumpul di dekat sumber penghangat dan biasanya terjadi aksi penumpukan doc yang biasanya mengakibatkan kematian yang cukup tinggi.

Ketiga, spesifikasi teknis box penghangat doc ayam kampung ini bisa bervariasi menurut kebutuhan masing-masing peternak, idealnya mempunyai dimensi panjang 1m dengan lebar 1m serta tinggi 50 cm. Box bisa dibuat bertingkat dengan pintu berada didepan atau diatas, bahan disarankan menggunakan triplek dengan ketebalan min 3mm beralaskan anyaman triplek/bambu/kawat strimin yang kemudian dialasi dengan koran dan ditambahkan sekam padi. 

Demikian tips teknik perawatan pemeliharaan anakan ayam atau doc, semoga berhasil.

0 Response to "Teknik Perawatan awal Doc Anakan Ayam Kampung"

Posting Komentar