Jumat, 23 September 2011

Tips Sukses Ternak Lovebird : Membedakan Jantan Betina

Tips Sukses Ternak Lovebird (Orang Jogja sering bilang : Labet)
Setelah kita banyak membicarakan tentang tips dan trik sukses ternak kenari, untuk postingan kali ini saya akan berbagi ilmu untuk tips sukses ternak lovebird. Lovebird adalah salah satu jenis burung ocehan yang sekangang lagi banyak digemari para pecinta burung, baik digunakan untuk lomba lovebird, untuk didengarkan suaranya atau bahkan untuk diternakkan.


Untuk kesempatan kali ini akan saya bagi tips sukses ternak lovebird / labet, cara membedakan jenis lovebird jantan dan lovebird betina, ini sangat penting bagi peternak pemula bagaimana cara membedakan jenis kelamin burung lovebird. Karena lovebird yang sejenis pun kadang bisa saling 'kawin', tapi hasilnya tentu nihil, kecewa bukan? maka perlu tips membedakan jenis lovebird jantan atau lovebird betina.

Secara fisik jenis kelamin pada lovebird sangat sulit dibedakan. Cara yang digunakan kebanyakan orang di Indonesia untuk membedakan jenis kelamin lovebird adalah dengan cara meraba tulang, dimana jika jarak antara kedua tulang supit renggang dan terasa lentur maka lovebird tersebut biasanya berjenis kelamin betina. Dan jika jarak antara tulang supit sempit serta terasa keras biasanya lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Namun cara tersebut tidak 100% benar. 

Cara yang paling akurat yang sering dilakukan oleh orang-orang barat yaitu dengan cara tes darah dengan jalan mencabut sehelai bulu lovebird dimana pada pangkal bulu lovebird tersebut terdapat sedikit darah yang menempel selanjutnya dibawa ke laboratorium yang khusus untuk meneliti jenis kelamin lovebird. Cara inilah, cara yang sangat akurat untuk menentukan jenis kelamin lovebird, tapi cara ini sangat repot dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selamat mencoba.

Ditulis Oleh : Adnan Ashari Hari: 07.50 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Info

eXTReMe Tracker

Arsip Blog

Fren